Manfaat Kulit Telur Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Telur Untuk Kesehatan
===========================================







Kulit telur atau cangkang telur adalah bagian terluar telur yang berfungsi untuk melindungi telur dari guncangan serta bakteri. Ketika memasak telur, kulit berpori ini biasanya akan dibuang begitu saja. Jika dimanfaatkan, kulit jenis ini mungkin hanya akan digunakan sebagai bahan kerajinan.

Padahal, jika mengetahui manfaatnya, Anda pasti tidak akan membuang cangkang telur begitu saja. Kulit yang mudah sekali retak ini dapat difungsikan sebagai obat seperti Obat Titan Gel dan bisa sebagai sumber kalsium, obat gatal hingga pereda nyeri sendi.

kulit telur, manfaat kulit telur, khasiat kulit telur

Lantas, apa saja khasiat kulit telur? Dan apa pula yang menyebabkannya penuh khasiat? Simak ulasannya berikut ini.
1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Tulang keropos maupun gigi yang kurang sehat ini dapat disebabkan tubuh kita kekurangan kalsium. Jika Anda menginginkan tulang tetap sehat dan bebas bergerak di masa tua, penuhilah asupan kalsium Anda mulai dari sekarang.

Salah satu cara memenuhi asupan kalsium adalah dengan menggunakan cangkang telur. Langkah yang perlu dilakukan pun sederhana, cukup cuci bersih cangkang telur lalu menjemurnya hingga kering. Setelah itu, tumbuk hingga menjadi bubuk dan konsumsi 90 gram sehari atau setara dengan 1 sendok makan.
2. Sebagai Obat Gatal

Ketika tubuh terserang terserang gatal-gatal, secara otomatis aktivitas akan terganggu. Oleh karena itu, sebagian orang akan langsung mengobati gatal dengan salep, minyak atau bedak. Sebagian lainnya, mungkin juga akan meredakan gatal dengan mengkonsumsi obat. Namun, tahukah Anda jika kulit telur juga bisa mengobati gatal dengan cepat?

Untuk menggunakan cangkang telur sebagai pereda gatal, Anda perlu merendamnya terlebih dahulu. Cangkang telur yang sudah direndam akan berubah menjadi asam sehingga dapat mengurangi gatal.
3. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi seringkali terjadi seiring dengan bertambahnya usia. gangguan tulang jenis ini lebih rentan terjadi pada wanita pasca menapouse. Hal ini dikarenakan usia tua atau wanita yang sudah tak lagi subur mengalami penurunan produksi kalsium dalam tubuhnya.

Agar nyeri sendi tak menyerang, Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan kulit telur. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi bubuk cangkang telur dapat membantu tubuh mencukupi kalsium sehingga tulang dan sendi akan teta sehat meski di usia senja.
4. Menghaluskan Tumit

Tumit pecah dan kering memang sangat merusak penampilan. Tak hanya itu saja, tumit yang pecah-pecah terkadang menyebabkan rasa tak nyaman dan bahkan sakit ketika digunakan berjalan.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Cukup ambil kulit telur, hancurkan lalu gunakan untuk menggosok tumit secara perlahan. Biarkan sebentar agar hyaluronan dalam cangkang telur melembabkan kulit secara maksimal. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan secara rutin dan gunakan pelembab kulit setelahnya.
5. Sebagai Masker

Jika putih telur sudah lama dipercaya mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit, ternyata kulit telur juga memiliki manfaat yang sama. Cangkang telur yang dihaluskan kemudian di ayak, dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat, kencang, halus dan putih.

Caranya pun cukup mudah, tumbukkan cangkang telur yang sudah benar-benar halus dicampur dengan air hangat dan diaduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah tipis-tis, cukup oleskan dan jangan digosok. Biarkan 10 menit lalu bilas wajah dengan air dingin. Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah putih, halus dan bebas komedo.
6. Mengatasi Iritasi Kulit

Banyak hal yang bisa menyebabkan iritasi kulit, mulai dari terlalu sering menggosok, pemakaian kosmetik hingga gesekan dengan pakaian berbahan keras. Banyaknya penyebab kulit iritasi membuat gangguan kulit jenis ini seringkali terjadi tanpa kita sadari. Jika sudah demikian, obat dokter atau krim anti iritasi mungkin akan menjadi solusinya.

Namun, tahukah Anda jika kulit telur juga memiliki manfaat yang sama? Caranya, cukup rendam cangkang telur dalam cuka apel selama beberapa hari. Air rendaman inilah yang bisa Anda oleskan sebagai obat iritasi.
7. Pembalut luka

Saat tubuh terluka, orang biasanya akan panik dan mencari perban. Namun, jika tak ada perban atau kasa, Anda bisa menggunakan cangkang telur sebagai pembalut luka. Caranya, remukkan cangkang telur dan tempelkan pada area yang terluka dengan bagian yang halus menempel pada luka. Biarkan hingga cangkang mengelupas sendirinya.
8. Mengatasi Luka Luar

Luka bakar adalah jenis luka yang harus segera diatasi. Jika tidak, luka jenis ini akan membuat kulit melepuh, terasa panas, perih dan dapat menimbulkan bekas luka yang permanen. Nah, jika Anda mengalami luka bakar karena tak sengaja tersundut api atau tersiram minyak panas, Anda bisa mengatasinya menggunakan kulit telur. caranya sama dengan pemanfaatan cangkang telur sebagai pembalut luka. Cukup remukkan dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar, lalu biarkan hingga kering.

Komentar